4 Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami yang Efektif

Secara alami penduduk Indonesia dianugerahkan dengan rambut hitam legam yang cantik, namun karena banyak hal, warna rambut yang pada awalnya hitam legam cantik menjadi berubah kemerahan. Perubahan warna tersebut tentunya membuat Anda merasa tidak nyaman dan percaya diri, terutama jika perubahan warna rambut terjadi bukan atas kehendak Anda.

Mengembalikan warna rambut menjadi hitam bisa dilakukan dengan 2 cara, secara alami atau dengan menggunakan bahan-bahan kimia. Dari kedua cara tersebut, cara menghitamkan rambut secara alami dinilai lebih mudah, murah dan aman. Berikut ini beberapa tumbuhan alami yang mampu menghitamkan rambut secara alami:

Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami

cara-menghitamkan-rambut-secara-alamiMerang padi

Mungkin Anda tidak terlalu familiar dengan merang padi, merang padi adalah merang yang dihasilkan dari tumbuhan padi. Merang padi cukup banyak dimanfaatkan untuk pembuatan sampo, utamanya adalah sampo menghitamkan rambut. Hitamkan rambut secara alami dengan menggunakan merang pada dapat Anda lakukan dengan cara membakar hangus satu ikat merang padi, pastikan jika merang padi berubah menjadi abu.

Abu merang padi tersebut diberi sedikit air dan air perasan jeruk nipis, aduk hingga merata dan diamkan dalam tempat terbuka selama satu malam penuh. Pagi harinya, sisihkan antara ampas merang padi dengan airnya, yang Anda butuhkan hanya air perasan merang padi. Gunakan air perasan merang padi untuk keramas, sebanyak 3x setiap minggunya.

Biji pepaya

Cara menghitamkan rambut secara alami dan cepat dengan menggunakan biji dari buah pepaya. Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat untuk tubuh atau daun buah pepaya yang bisa dikonsumsi sebagai obat, biji buah pepaya juga baik untuk menghitamkan rambut secara alami. Sangrai biji buah pepaya secukupnya, sesuaikan saja dengan kebutuhan rambut Anda, setelah itu tumbuk biji pepaya hingga halus dan tambahkan air, oleskan dengan merata biji pepaya tumbuk pada seluruh permukaan rambut, mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. Biarkan selama beberapa menit kemudian bersihkan rambut sampai benar-benar bersih.

Kemiri

Pada umumnya, kemiri dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk membuat masakan menjadi lebih gurih dan lezat, namun seiring dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, kemiri pun bisa digunakan untuk menyehatkan kulit kepala dan rambut, tidak terkecuali untuk menghitamkan rambut secara alami. Hitamkan rambut secara alami dengan biji kemiri yang ditumbuk kasar dan disangrai selama beberapa menit hingga minyak alami yang terdapat di dalam kemiri keluar.

Manfaatkan minyak alami biji kemiri tersebut dengan cara mengoleskannya secara merata pada rambut dan kulit kepala, setelah seluruh permukaan kepala selesai dilembabkan dengan minyak biji kemiri kurang lebih selama 15 menit, bersihkan rambut sampai bersih dan tidak berminyak, gunakan sampo dan kondisoner seperti biasanya.

Lidah buaya

Selain baik untuk mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari flek hitam, kulit berjerawat, kulit kering, luka bakar dan lainnya. Lendir lidah buaya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut, termasuk mengembalikan warna alami rambut menjadi lebih hitam. Oleskan lendir lidah buaya pada kulit kepala serta rambut secara merata, sesekali pijat kepala, setelah itu diamkan rambut selama beberapa menit, yakni sekitar 15 menit baru kemudian bilas rambut hingga bersih.

Menghitamkan rambut dengan cara yang alami merupakan tindakan cerdas yang menunjukkan jika Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda. Cara menghitamkan rambut secara alami menggunakan metode alami, baik itu rempah atau tumbuhan lainnya dapat membantu merawat kesehatan rambut serta mengembalikan warna alami rambut Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *