5 Gerakan Senam Mengecilkan Perut Buncit

Perut yang membuncit akan menjadi halangan tersendiri, terutama bagi para wanita yang sangat mengutamakan kecantikan dan keindahan bentuk tubuhnya. Perut buncit bisa disebabkan oleh faktor eksternal, seperti kurangnya konsumsi makanan serat, kurangnya berolahraga atau kebiasaan makan makanan berlemak di malam hari.

Perut membuncit akan sangat mengganggu, baik dalam sisi penampilan maupun dalam sisi kesehatan, perut buncit membuat Anda kerapkali merasakan sesak dan rasa tidak nyaman, khususnya ketika berjalan dalam waktu yang cukup lama, perut buncit juga akar dari gangguan kesehatan beberapa organ dalam.

Mengatasi perut buncit, baik yang terjadi sebelum maupun setelah selesai melahirkan bisa dilakukan dengan rutin melakukan senam mengecilkan perut. Berikut ini beberapa gerakan senam untuk mengecilkan perut yang mudah untuk diikuti:

Senam Mengecilkan Perut Buncit Setelah Melahirkan

senam-menurunkan-berat-badanPrisoner squats

Prisoner squats merupakan gerakan olahraga terbaik dan efektif untuk menurunkan berat badan serta melatih kekuatan otot. Gerakannya cukup mudah dan cukup sering dipraktikkan dalam setiap kesempatan berolahraga. Awali dengan posisi berdiri dan buka kaki sedikit, lantas meletakkan kedua tangan ke belakang kepala (pastikan jika kedua tangan berada dalam posisi yang sejajar) selanjutnya gerakan tubuh Anda naik turun.

Sebenarnya gerakan ini hampir menyerupai dengan gerakan squat jump, hanya bedanya tidak ada gerakan melompat, Anda hanya perlu melakukan gerakan naik turun dan sesekali menahan diri dalam posisi jongkok selama beberapa detik baru kemudian bangkit kembali.

Push up

Senam mengecilkan perut buncit yang bisa segera Anda praktikkan di rumah adalah gerakan push up. Push up merupakan olahraga yang cukup populer, terutama di kalangan pria dan olahragawan, push up banyak dipilih sebagai olahraga yang mampu membantu membentuk tubuh, khususnya kekuatan otot tangan dan menjaga kebugaran. Sebelum melakukan push up, pastikan jika Anda memiliki matras yang mana akan digunakan sebagai alas disaat Anda berbaring tengkurap sebelum memulai gerakan push up.

Sit up

Senam mengecilkan perut setelah melahirkan dengan teratur melakukan sit up. Gerakan sit up dipercaya dapat melatih dan memaksimalkan kekuatan otot perut, selain itu melakukan sit up juga baik untuk kesehatan punggung, dada dan bagian tubuh lainnya.

Melakukan sit up cukup mudah, namun untuk pemula, lakukanlah sit ups dengan meminta bantuan orang lain untuk memegang kaki Anda. Awali gerakan sit ups dengan berbaring telentang di matras, posisikan kedua tangan Anda tepat di belakang kepala dan tekuk kaki Anda, lakukan gerakan maju mundur dan upayakan agar tangan Anda tetap berada di tempatnya, tidak terlepas dari atas kepala.

Jumping jacks

Jumping jacks merupakan gerakan senam yang tidak hanya baik untuk membakar kalori di perut saja, namun juga baik untuk meningkatkan kekuatan tubuh dan melepaskan stres. Melepaskan stres sekaligus meningkatkan sistem metabolisme tubuh dengan jumping jacks, yakni gerakan melompat dan menutup.

Langkah pertama, ambil posisi berdiri dengan kaki yang merapat dan tangan berada di atas paha, lalu melompat dan menggeser kedua kaki ke samping bersamaan dengan menepukkan tangan ke udara dengan posisi tangan dan kaki yang tegak lurus.

Burpees

Senam mengecilkan perut dengan burpees. Burpees merupakan gerakan senam yang cukup sulit, faktanya tidak banyak orang yang menyukainya. Burpees akan membantu membakar kalori di dalam tubuh, termasuk kalori berlebih di perut. Awali dengan berjongkok (letakkan kedua tangan tepat di samping kaki, lalu gerakan kaki ke belakang(sama seperti posisi awal ketika push up), lanjutkan dengan melakukan gerakan pertama dan akhiri dengan posisi berdiri dengan kaki merapat dan kedua tangan yang tegak lurus ke udara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *