5 Variasi Penyebab Rambut Rontok Parah dan Berlebihan

Rambut adalah mahkota kepala yang sepatutnya selalu dirawat dengan baik. Sama halnya dengan anggota tubuh lainnya, rambut juga rentan akan gangguan kesehatan, rambut rontok merupakan satu dari sekian banyak gangguan kesehatan yang kerap kali dialami oleh semua orang, rambut rontok disebabkab oleh banyak hal.

Pada umumnya, penyebab rambut rontok adalah gaya hidup tidak sehat, keturunan dan penggunaan peralatan perawatan rambut yang berlebihan, namun untuk lebih lengkapnya, silahkan simak ulasan menarik di bawah ini:

Penyebab Rambut Rontok Parah dan Berlebihan

penyebab-rambut-rontok-parah-berlebihan

Faktor keturunan

Penyebab rambut rontok parah dan cukup sulit untuk diatasi adalah faktor genetika. Genetika tidak bisa dihilangkan begitu saja, maka dari itu, tidaklah aneh jika pada akhirnya banyak orang memiliki riwayat kesehatan yang kurang baik, karena hampir sebagian besar semua penyakit yang ada dan menyerang manusia adalah penyakit yang diturunkan oleh genetika.

Rambut rontok parah yang disebabkab oleh genetika berisiko besar menyebabkan seseorang mengalami kebotakan. Karena genetika tidak bisa dihilangkan secara alami, maka cara terbaik untuk mengatasi rambut rontok ini adalah dengan berkonsultasi dengan dokter ahli dan minta resep obat yang benar.

Stres

Penyebab rambut rontok berlebihan yang cukup banyak mendapat persetujuan oleh koresponden adalah stres. Stres membuat kinerja otak berada di luar batas, stres membuat seseorang tertekan, mereka yang stres biasanya kerap kali mengalami sakit kepala dan berbagai gangguan kesehatan lainnya, tidak terkecuali dengan rambut dan kulit kepala kering. Kulit kepala yang kekurangan nutrisi ini tidak tumbuh dengan baik justru patah dengan sangat baik dan lama kelamaan menjadi rontok berlebihan.

Rambut rontok yang disebabkan oleh stres dapat diatasi dengan cukup mudah, Anda hanya perlu membebaskan pikiran Anda dan berusaha sebaik mungkin untuk hidup dengan lebih santai dan selalu berpikiran positif. Stres bisa diatasi dengan cara melakukan berbagai aktivitas menarik dan menyenangkan, seperti travelling, menonton film komedi dan menyantap makanan yang disukai.

Program diet

Penyebab rambut rontok pada wanita antara lain adalah program diet. Program diet berfungsi untuk mengatur konsumsi makanan, dengan kata lain, selama Anda menjalani program diet ini, Anda diwajibkan untuk menaati berbagai peraturan diet yang tertera pada program diet tersebut, sayangnya, hampir semua program diet pasti memotong asupan makanan Anda yang ternyata sangat memengaruhi kesehatan kulit kepala dan rambut, rambut kurang mendapatkan nutrisi sehingga tidak dapat tumbuh dengan lebat, dan berbalik menjadi mudah patah dan rontok.

Hindari rambut rontok karena program diet dengan merancang program diet sehat, pastikan jika asupan makanan yang baik untuk kulit kepala dan rambut tidak dipotong dalam jumlah yang besar sehingga rambut bisa tetap tumbuh dengan baik.

Hormon

Pada umumnya, wanita yang hamil atau sedang kedatangan bulan cenderung untuk mengalami rambut rontok, hal ini dipengaruhi oleh faktor hormon yang tidak seimbang.

Hair style

Kebiasaan hobi berganti model gaya rambut juga memengaruhi kesehatan dan kekuatan rambut, faktanya mereka yang akrab dengan peralatan rambut dan penggunaan bahan kimia untuk mengubah gaya rambut berisiko lebih tinggi untuk mengalami rambut rontok dibandingkan dengan mereka yang jarang berganti model gaya rambut.

Penyebab rambut rontok sangat bervariasi, Anda harus selalu waspada karena bisa jadi rambut Anda yang sehat menjadi rontok karena salah satu dari beberapa penyebab rambut mengalami kerontokan di atas. Jaga selalu kesehatan rambut dengan melakukan perawatan rambut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *