Badan Fit Dengan Pola Makan Sehat

Mempunyai badan sehat merupakan asset termahal bagi setia manusia. Bagaimana tidak, dengan kesehatan seseorang dapat menikmati apa yang dia punya, dapat mencari uang, dan dapat merasakan kenyamanan. Walaupun harta melimpah tetapi sakit-sakitan, pasti akan percuma. Badan sehat harus di dukung oleh pola makan sehat pula. Pola makan erat hubungannya dengan pola hidup manusia. Jika seseorang memiliki pola hidup yang seimbang maka pola makannya pasti juga akan terjaga. Seseorang yang tidak memiliki pola hidup beraturan akan sembarangan dalam mengkonsumsi makanan. Misalkan saja pegawai kantoran yang mempunyai kesibukan yang luar biasa. Pola hidupnya jauh dari sehat jika dia tidak mengimbangi kegiatannya dengan olah raga. Di saat sibuk pasti akan lupa akan makan karena tidak memiliki waktu walau untuk makan sebentar. Pilihan cepatnya yaitu dengan memesan makanan fast food atau juga junk food.

Kalau hanya sesekali mungkin tak akan jadi masalah tetapi jika dibiarkan lama-kelamaan kebutuhan tubuh menjadi tak terpenuhi dan akan timbul penyakit pada tubuh. Maka dari itu apapun kesibukannya harus di imbangi dengan gaya hidup dan pola makan sehat pula. Yang harus diperhatikan dalam pola makan adalah berapa jumlah makanan yang dikonsumsi, jenis makanan yang dikonsumsi dan jadwal makan. Semakin banyak jumlah makanan yang dikonsumsi maka energi yang harus di keluarkan juga harus besar pula jika jumlah makanan yang masuk tidak seimbang dengan jumlah kalori yang di keluarkan secara terus menerus akan menimbulkan kegemukan. Jika seseorang memiliki berat badan yang berlebih maka akan timbul beberapa masalah kesehatan.

Pola Makan Sehat

Pola Makan Sehat

Sedangkan untuk jenis makanan yang harus dikonsumsi yaitu keseimbangan dari berbagai jenis makanan. Untuk makanan yang mengandung karbohidrat jumlah yang dibutuhkan yaitu sekitar 55 % sampai 65 %. Dalam pola makan sehat, protein dan lemak yang dibutuhkan yaitu antara 10 % – 15 % dan 25 % – 35 %. Selain itu jenis makanan lain yang di konsumsi seperti buaha-buahan serta sayuran. Biah-buahan akan yang mengandung berbagai vitamin akan sangat dikerlukan oleh tubuh. Yang terakhir yaitu mengenai jadwal makan yang teratur, tidak berlebihan atau malah kurang. Seharusnya yang ideal dalam jadwal makan yaitu 5-6 kali dalam sehari. Rinciannya yaitu sarapan pada pagi hari, snack sekitar pukul 09.00 pagi, dilanjutkan makan siang pada jam 12.00 siang sampai jam 13.00, snack atau makanan kecil yang kedua yaitu pada jam 16.00, untuk makan malamnya dilakukan pada jam 19.00 sampai dengan jam 20.00 malam.

Mungkin banyak orang yang menyepelekan pola makan sehat karena dampaknya tidak langsung terasa. Butuh waktu bertahun-tahun untuk mengetahui dan merasakan dampak dari pola makan yang tak sehat. Kebanyakan akan merasakannya di saat usianya 50 sampai 60 tahun. Tak jarang penyakit degenerative sudah dirasakan oleh generasi muda akibat dari gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Penyakit degenerative tersebut antara lain seperti obesitas, stroke, jantung, diabet, dan masih banyak lagi.

Pola hidup dan pola makan yang sehat akan menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit dan dapat menyeimbangkan berat badan. Beberapa hal yang perlu dilakukan selain menjaga pola makan sehat yaitu menghindari merokok dan narkoba, cukup tidur,banyak mengkonsumsi air mineral agar tubuh tidak mengalami dehidrasi, dan juga olah raga secara teratur. Managemen stress juga akan menjauhkan tubuh dari penyakit seperti penyakit lambung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *