Cara Alami Mengatasi Komedo Hitam di Wajah

Komedo hitam mungkin tidak terlihat seburuk jerawat. Tetapi bagaimanapun, benjolan kecil berwarna hitam ini tetap bisa mengganggu penampilan. Kita bisa melihatnya muncul di wajah, dada, leher, bahu punggung maupun lengan. Komedo sendiri merupakan jerawat yang tergolong ringan. Benjolan kecil ini tidak menyebabkan rasa sakit karena tidak mengalami inflamasi. Tetapi jika digaruk ataupun dicungkil, bisa menyebabkan terjadinya peradangan. Agar komedo tersebut bisa segera hilang, maka beberapa bahan alami bisa digunakan.

Mengatasi Komedo dengan Bahan-bahan Alami

Cara Alami Mengatasi Komedo Hitam di Wajah

Komedo hitam merupakan jenis komedo terbuka. Penyebab komedo hitam adalah sel-sel kulit mati maupun minyak yang mengumpul dibagian ujung luar dari folikel kulit. Karena bagian kulit tempat tumbuhnya komedo tersebut terbuka serta terpapar udara, warna komedo pun menjadi terlihat menghitam. Komedo juga bisa disebabkan iritasi yang terjadi pada folikel rambut. Iritasi ini akan menyebabkan sel-sel kulit mati tidak mengalami perontokan secara teratur. Peningkatan jumlah bakteri dipermukaan kulit serta beberapa jenis makanan tertentu juga bisa menjadi penyebab munculnya komedo.

Baca Juga :

Cara Menghilangkan Jerawat Batu dengan Lidah Buaya

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Menggunakan Daun Sirih dan Tepung Beras

Cara Ampuh Mengatasi Komedo Membandel dengan Alami

Cara Menghilangkan Komedo Di Wajah Secara Alami

Untuk mengatasi masalah komedo yang sangat mengganggu, kita bisa menggunakan putih telur dan susu. Masker komedo hitam ini bisa dibuat dengan cara mencampurkan susu bubuk dengan sedikit putih telur. Sebelum masker digunakan, sebaiknya cuci dulu wajah hingga bersih. Kemudian gunakan masker susu dan putih telur di wajah lalu tunggu hingga kering. Setelah kurang lebih lima belas menit, wajah bisa dibersihkan dengan menggunakan air panas. Dengan cara ini, komedo dan kotoran-kotoran lain yang menutupi pori-pori kulit bisa terangkat dengan maksimal.

Cara lain yang terbukti sangat efektif adalah menggunakan lidah buaya. Cara menghilangkan komedo hitam di hidung ini terbukti ampuh membasmi bakteri dan menghilangkan sel-sel kulit mati penyebab komedo. Caranya adalah dengan mengambil sebuah daun lidah buaya, kemudian membuang bagian kulitnya. Lendir atau gel yang terdapat di dalam daun tersebut kemudian diambil untuk dioleskan pada bagian-bagian kulit yang berkomedo. Kemudian biarkan selama kurang lebih dua puluh menit. Setelah itu kulit bisa dibersihkan menggunakan air panas.

Cara menghilangkan komedo hitam secara alami juga bisa dilakukan dengan menggunakan buah lemon. Kandungan asam yang terdapat di dalam lemon terbukti mampu membunuh bakteri serta mengurangi minyak berlebih yang menjadi penyebab komedo. Kita bisa memanfaatkan buah ini dengan cara memeras airnya. Kemudian bagian wajah yang berkomedo dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu barulah air perasan lemon diusapkan pada kulit hingga merata. Setelah itu biarkan selama kurang lebih sepuluh menit, untuk kemudian dibersihkan kembali.

Jika cara-cara diatas sudah dilakukan tetapi komedo tetap juga membandel, maka kita bisa mencoba menggunakan madu. Kandungan madu memang sangat berkhasiat untuk mengobati komedo ataupun jerawat. Langkah yang bisa dilakukan adalah terlebih dahulu menghangatkan madu tersebut. Setelah itu dioleskan pada bagian wajah yang berkomedo. Setelah lima belas menit, cara menghilangkan komedo hitam membandel tersebut bisa diakhiri dengan mencucinya menggunakan air hangat.

Karena komedo bisa sangat mengganggu penampilan, banyak orang yang rela menghabiskan uangnya untuk pergi ke klinik kecantikan. Padahal penanganan komedo bisa dilakukan di rumah dengan cara-cara yang lebih alami dan tidak menyakitkan. Yang penting dan harus selalu diingat adalah penggunaan bahan-bahan alami tersebut harus dilakukan secara rutin dan teratur. Dengan demikian komedo dapat dibersihkan secara tuntas dan penampilanpun tidak akan terganggu dengan kulit wajah yang ditumbuhi komedo hitam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *