Cara Mengatasi Uban Rambut Di Usia Muda

Pada umumnya rambut putih dominan dan identik dimiliki oleh mereka yang berusia tua, akan tetapi bukan hanya orang tua saja yang dapat memiliki uban, uban juga bisa tumbuh di rambut para remaja serta dewasa muda.

Pertumbuhan uban akan terjadi secara bertahap, yang mulanya hanya 10 helai menjadi 50 helai dan seterusnya, jika tidak diatasi dengan segera, uban bisa jadi akan memenuhi kepala Anda.

Rambut yang memutih identik dengan tua, dan tidak semua orang menerima atau suka dengan perubahan fisik tersebut, siapa yang suka menjadi tua dan disebut menua. Simaklah cara mengatasi uban dengan 6 makanan di bawah ini:

Cara Mengatasi Uban Rambut Di Usia Muda

cara-mengatasi-uban-rambut-di-usia-muda

Bayam

Cara mengatasi uban di usia muda ternyata bisa dilakukan dengan rutin mengkonsumsi bayam. Sayuran berwarna hijau ini membantu tubuh untuk menghasilkan pigmen yang mana dapat mempertahankan warna sesungguhnya dari rambut Anda.

Maka dari itu, Anda disarankan untuk selalu menyertai sayuran berwarna hijau ini di dalam menu makanan harian Anda. Bayam sangat baik dikonsumsi dengan cara direbus tidak terlalu lama, cukup tambahkan beberapa potongan wortel dan kentang untuk tekstur yang berbeda.

Buncis

Sayuran ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yang mana dapat menyuburkan rambut. Rambut terdiri dari berbagai senyawa, termasuk protein. Dengan menjaga asupan protein, Anda telah merawat kesehatan rambut Anda.

Mengkonsumsi buncis sebagai sayuran penambah protein rambut akan membantu rambut tumbuh dengan lebih subur, sehingga rambut tidak mudah rontok.

Telur

cara mengatasi uban rambut ternyata bisa dilakukan oleh makanan. Telur memiliki kandungan B12 yang mana diperlukan oleh rambut untuk dapat mempertahankan warna aslinya. Vitamin B12 juga membuat darah bebas dari radikal bebas yang mana dapat membuat rambut Anda lebih cepat beruban.

Telur bisa dikonsumsi setiap harinya, setidaknya konsumsi 2 butir telur rebus setiap hari atau dengan mengolah telur menjadi pasta masker rambut alami yang dicampurkan dengan beberapa bahan lainnya yang juga efektif untuk membantu mengatasi uban rambut.

Tiram

Seng merupakan mineral yang sangat dibutuhkan untuk merawat dan menjaga rambut tetap kuat serta membantu menjaga dan mempertahankan keaslian warna rambut. Kekurangan seng akan mengakibatkan munculnya hormon uban premature.

Seng dapat ditemukan dengan mudah di dalam tiram maupun kerang. Anda dapat mengkonsumsi kerang atau tiram untuk mencegah rambut beruban. Tiram bisa diolah dengan menggunakan berbagai macam bumbu dapur, Anda dapat melengkapi menu makanan tiram atau keranag dengan telur ayam rebus atau telur puyuh.

Hati

Kekurangan zat besi di dalam tubuh atau kekurangan darah adalah penyebab utama mengapa ada uban premature di kepala Anda. Untuk mencegah kedua hal tersebut, Anda disarankan untuk mengkonsumsi hati atau setidaknya menyertakan beberapa potong hati pada menu makanan Anda untuk menjaga asupan zat besi pada tubuh sehingga tubuh tidak kekurangn zat besi dan berisiko memiliki uban premature.

Berries

Buah berries memiliki kandungan vitamin C yang mana dapat membantu tubuh untuk meningkatkan sirkulasi darah, khususnya di kulit kepala. Pasokan darah segar yang diperoleh rambut akan membuat rambut tetap sehat. Konsumsi buah-buahan kaya vitamin C, salah satunya adalah berries.

Cara mengatasi uban yang terbaik adalah dengan mengubah pola makan Anda, utamakan untuk mengkonsumsi lebih banyak dan lebih sering keenam makanan yang telah disebutkan di atas, karena keenamnya baik untuk menjaga kesehatan rambut dan mengurangi pertumbuhan uban di kepala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *