Cara Menghilangkan dan Obat serta Penyebab Jerawat Batu

Jerawat masih berada dipuncak teratas permasalahan kulit wajah yang dialami oleh semua orang, jerawat memiliki beberapa spesifikasi, dari jerawat biasa yang ringan hingga jerawat batu yang besar dan berkelompok. Secara genetika, permasalahan kulit wajah, khususnya jerawat batu bisa diturunkan, dan secara umum penyebab jerawat batu adalah:

obat-penyebab-jerawat-batu

1. Produksi minyak yang ekstra melimpah akan menyebabkan pori-pori kulit serta saluran folikel rambut tersumbat. Tumpukan minyak atau tumpukan sebum yang ada di permukaan kulit wajah akan bekerja sama dengan bakteri dan pada akhirnya memicu timbulnya jerawat.

2. Menumpuknya sel kulit mati menambah faktor penyebab dari timbulnya jerawat di kulit wajah. Sel kulit mati yang menumpuk menjadi satu dengan minyak akan membentuk penyumbat yang pada ujungnya menciptakan bintik hitam maupun bintik putih.

3. Bakteri inilah yang berisiko sangat tinggi menyebabkan jerawat batu yang parah sampai menimbulkan bekas jerawat yang cukup sulit untuk dihilangkan, seperti bekas luka cacar yang permanen.

4. Pemakaian kosmetik yang tidak cocok dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Cara menghilangkan jerawat batu dapat dilakukan dengan mengurangi pemakaian kosmetik. Cobalah untuk tidak memakai kosmetik ketika kulit wajah sedang berjerawat terutama jerawat tengah meradang. Oleskan obat jerawat dan sunblock untuk perlindungan kulit dari sinar matahari.

5. Konsumsi obat-obatan ternyata dapat memicu munculnya jerawat batu, maka dari itu hindari banyak mengkonsumsi obat-obatan kimia ketika sakit.

6. Telepon genggam dengan layar sentuh mengandung banyak bakteri jahat di dalamnya, coba untuk tidak menempelkan secara langsung telepon genggam Anda pada pipi dan bersihkan layar telepon genggam dengan alkohol secara teratur.

7. Stres mungkin tidak selalu menyebabkan kulit wajah berjerawat, namun perubahan hormon yang disertai dengan konsumsi makanan berlemak dan manis dapat memicu timbulnya jerawat.

Cara Menghilangkan dan Obat Jerawat Batu Dengan Cepat Secara Alami

Pada umumnya, orang lebih suka memakai obat jerawat batu kemasan daripada mengolah obat alami untuk mengatasi jerawat batu. Namun kenyataannya, tidak semua obat kemasan itu berkualitas dan berkhasiat. Ada dua tumbuhan alami yang mampu mengobati jerawat batu, yakni daun buah pepaya serta lobak.

Cara menghilangkan jerawat batu dengan cepat secara alami dengan daun pepaya dan lobak dapat Anda simak di bawah ini:

Daun pepaya

Biasanya daun pepaya direbus dan dikonsumsi sebagai lalapan atau obat penyakit tertentu, namun ternyata daun pepaya juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati jerawat. Siapkan beberapa lembar daun pepaya yang sudah tua dan telah dijemur sebelumnya. Haluskan daun pepaya tersebut sambil sesekali diberi sedikit air. Peras daun pepaya dan sisihkan sarinya saja. Oleskan sari daun pepaya tersebut pada kulit wajah yang sedang berjerawat.

Lobak

Tumbuhan ini sangat digemari di Korea Selatan, biasanya diolah menjadi Kimchi atau makanan lainnya. Lobak yang biasanya dikonsumsi, ternyata dapat mengobati jerawat dengan cukup ampuh. Bersihkan lobak segar kemudian parut dan sisihkan airnya, tambahkan sedikit cuka apel dan aduk sampai merata. Oleskan campuran air lobak dengan cuka apel ke permukaan kulit berjerawat dan tunggu beberapa menit hingga mengering untuk kemudian dibersihkan.

Penyebab jerawat batu sebenarnya dapat dikurangi, terutama faktor yang disebabkan oleh kebiasaan hidup Anda yang tidak sehat. Jaga selalu kebersihan kulit dan jaga selalu konsumsi makanan Anda, biasakan untuk mengkonsumsi buah dan sayur lebih banyak. Disaat kulit wajah Anda kotor dan terlalu berminyak, segera lakukan tindakan pembersihan untuk menekan timbulnya jerawat batu, Anda bisa memakai tisu basah atau toner khusus wajah berjerawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *