Cara Menghilangkan Uban di Kepala Dengan Biji Pepaya

Uban atau rambut putih merupakan proses penuaan yang secara alami akan dialami oleh mereka yang sudah lanjut usia, namun dalam beberapa kasus, mereka yang berusia muda juga mengalami permasalahan rambut memutih.

Uban disaat usia muda biasanya disebabkan karena faktor keturunan. Rambut uban disebabkan oleh berkurangnya produksi pigmen di rambut. Dari segi ilmu akupuntur, pertumbuhan uban disaat usia muda menunjukkan jika kinerja ginjal maupun paru-paru tidak bekerja secara normal.

Pitu Oka Sukanta merupakan seorang akupunturis serta ahli tanaman obat, menurutnya, rambut memutih di usia muda juga bisa disebabkan oleh faktor eksternal, diantaranya karena pemakaian minyak rambut, beberapa jenis makanan, cat rambut serta polusi. Pemakaian cat atau minyak rambut tidak hanya bekerja pada permukaan rambut saja, tapi juga ikut meresap pada kulit kepala serta helaian rambut.

Cara menghilangkan uban, sebaiknya tidak dilakukan dengan cara mencabutinya, karena kulit kepala dipenuhi oleh susunan syaraf, mencabut rambut akan merusak susunan syaraf tersebut. Inilah beberapa cara alami untuk menghilangkan uban:

Cara Menghilangkan Uban di Kepala Dengan Biji Pepaya

cara-menghilangkan-uban-di-kepala

Olah pernapasan

Rambut putih di usia muda terjadi karena pengaruh kinerja paru-paru dan ginjal yang kurang maksimal, untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda dapat melatih pernapasan yang mana baik untuk mengoptimalkan kinerja paru-paru, olah pernapasan bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti meditasi, yoga, olahraga akupresur.

Olah pernapasan dengan mengikuti salah satu cabang olahraga terbaik akan membantu meningkatkan kinerja paru-paru sehingga rambut putih tidak akan timbul.

Jaga makanan

Cara menghilangkan uban di kepala dari dalam tubuh dilakukan dengan cara menjaga asupan makanan. Konsumsi makanan yang baik untuk meningkatkan kinerja ginjal, seperti jus wortel, wijen, tomat dan daun pegagan. Sedangkan, makanan yang baik untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah jus melon atau berbagai makanan yang kaya akan kandungan vitamin C.

Hindari juga berbagai jenis makanan yang merusak kinerja ginjal dan paru-paru, cobalah untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung pengawet, makanan yang bersantan, mengandung pewarna, gula yang tinggi dan bahan kimia.

Minyak wijen

Selain menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan organ dalam, khususnya paru-paru dan ginjal untuk meminimalkan intensitas pertumbuhan rambut putih, baiknya juga diimbangi dengan rutin mengoleskan minyak wijen asli pada kulit kepala dan helaian rambut yang memutih. Minyak wijen dapat mengurangi pertumbuhan rambut putih sehingga rambut putih tidak bertambah banyak.

Minyak kemiri

Selain minyak wijen, minyak kemiri juga efektif untuk menghilangkan uban dan mencegah pertumbuhan uban. Minyak kemiri dapat diolah sendiri di rumah, dengan cara disangrai,dihaluskan dan diperas minyaknya. Minyak kemiri cukup dioleskan pada kulit kepala dan helaian rambut, biarkan selama satu malam untuk hasil yang maksimal baru kemudian dibersihkan keesokan harinya.

Daun bunga sepatu

Daun bunga sepatu juga efektif mencegah pertumbuhan uban. Hasilkan minyak alami daun bunga sepatu dengan cara merebusnya bersamaan dengan minyak kelapa atau jika tidak ada Anda dapat memakai minyak jarak.

Balurkan minyak alami daun sepatu pada kulit kepala sambil dipijat, selain daun sepatu cara menghilangkan uban dengan biji pepaya juga efektif. Pijatan yang dilakukan dapat membantu memperlancar sirkulasi darah yang akan menuju kepala, sekaligus membantu menghilangkan uban.

Cara menghilangkan uban secara alami dengan bahan-bahan alami aktif yang kaya akan kandungan nutrisi yang mana dibutuhkan untuk melawan dan mencegah pertumbuhan uban. Jaga kesehatan ginjal dan paru-paru karena kedua organ dalam ini berhubungan erat dengan kesehatan helaian rambut, jaga asupan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan bergizi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *