Cara Merawat Kaki Pecah Pecah dan Kering

Kaki adalah penopang tubuh, tanpa kaki kita tidak bisa berjalan dengan normal sebagaimana mestinya, sayangnya masih banyak orang yang kurang peduli dengan kesehatan kakinya sendiri, banyak orang yang berjalan tanpa mengenakan alas kaki terbaik, khususnya untuk menjaga kesehatan kaki, sehingga kulit kaki menjadi pecah-pecah dan kering.

Permasalahan yang terjadi pada kulit kaki, biasanya dialami oleh mereka yang kurang melakukan perawatan pada kaki, kebiasaan buruk menggunakan alas kaki yang tipis, terlalu lama berendam di air, terlalu lama berdiri, berat badan berlebihan dan mengenakan alas kaki yang sempit.

Kaki kering dan pecah-pecah bisa terjadi disaat kulit kaki kurang nutrisi, untuk mengembalikan kelembaban dan kecantikan kaki, simaklah beberapa cara merawat kaki di bawah ini:

Cara Merawat Kaki Pecah Pecah dan Kering

cara-merawat-kaki-pecah-pecah-keringScrubbing

Cara merawat kaki pecah-pecah dengan rutin melakukan scrubbing. Melembabkan kulit kaki yang pecah-pecah dengan rutin menggosok kaki yang mana akan membantu melepaskan sel kulit mati.

Namun sebelum melakukan proses scrubbing, usahakan untuk selalu membersihkan kaki dengan sabun dan bilas kaki dengan air hangat agar kaki menjadi lebih lembut dan lembab. Untuk lebih lengkapnya, simak beberapa cara di bawah ini:

1. Sebelum beristirahat, masukkan sabun cair ke dalam bak mandi dan isi dengan air hangat.

2. Rendam kaki Anda menggunakan air hangat tersebut selama 20 menit.

3. Gunakan patu apung dan gosokkan secara alami untuk melepaskan/menghilangkan sel kulit mati.

4. Lalu bersihkan kaki Anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan menggunakan handuk lembut. Setelah itu aplikasikan krim pelembab dan dan gunakan sepasang kaos kaki lembut setiap malamnya. Upayakan untuk mengikuti cara ini setiap hari sehingga kaki yang pecah-pecah menjadi lebih halus dan lembab dengan sempurna.

Minyak kelapa

Cara merawat kaki kering dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa secara alami dan menakjubkan dapat membantu merawat kaki yang kering dan pecah-pecah. Membantu melembabkan kaki sekaligus menghilangkan bakteri jahat yang menempel di kulit kaki.

Awali dengan membersihkan kaki menggunakan air hangat dan sabun, kemudian keringkan kaki dengan handuk lembut dan oleskan minyak kelapa secara merata pada kaki Anda, setelah itu kenakan kaos kaki lembut di malam hari, dan bersihkan kaki di pagi harinya, lakukan cara ini secara teratur hingga Anda mendapatkan hasil terbaik.

Mentholated rub

Ini merupakan cara lain yang juga efektif untuk mengatasi kaki kering dan pecah-pecah. Aplikasikan mentholated rub pada kaki yang kering yang mana sebelumnya telah dibersihkan dengan sabun dan air hangat, setelah itu kenakan kaos kaki yang lembut dan hangat selama satu malam penuh, kemudian lepaskan kaos kaki dan basuh kaki dengan air hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, ulangi cara ini selama beberapa hari sampai kaki Anda lembab kembali.

Paraffin wax

Selain menggunakan bahan-bahan alami di atas, Anda juga dapat menggunakan paraffin wax untuk menghilangkan sel kulit mati, melembabkan kulit kaki yang kering dan mengatasi kaki pecah-pecah.

Panaskan beberapa paraffin wax di dalam microwave dan tambahkan minyak kelapa ke dalamnya, lantas aplikasikan krim tersebut pada kaki yang kering dan pecah-pecah , kemudian bungkus kaki dengan kaos kaki hangat yang berbahan lembut, biarkan selama satu malam dan bersihkan di pagi harinya. Ulangi langkah ini, hingga kulit kaki menjadi lebih lembut dan lembab. Cara merawat kaki ini akan efektif bila dilakukan secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *