Cara Merawat Rambut Rontok dan Kering Secara Alami

Banyak sekali orang yang mengeluhkan rambutnya yang mudah sekali patah dan rontok, kondisi ini disebabkan karena gaya hidup masyarakat modern yang tidak sehat, disertai dengan kebiasaan mewarnai, meluruskan rambut dan memakai peralatan rambut yang bersuhu panas.

Pemakaian bahan kimia yang disertai dengan kebiasaan memakai peralatan yang bersuhu panas pada rambut juga kurangnya asupan nutrisi rambut membuat rambut mudah sekali rontok. Jika ketiganya sudah dialami oleh Anda, maka tidak ada alasan lagi untuk mengeluh yang kini harus Anda lakukan adalah merawat rambut rontok untuk lebih sehat dan rambut yang rontok bisa dikurangi jumlahnya. Ikutilah cara merawat rambut rontok di bawah ini:

Cara Merawat Rambut Rontok dan Kering Secara Alami

cara-merawat-rambut-rontok-kering-secara-alami

Dengan jus

Memanfaatkan jus sebagai bahan yang efektif untuk merawat rambut rontok telah dilakukan sejak lama. Jus yang digunakan bukanlah jus yang terbuat dari buah-buahan atau sayuran, melainkun diolah dari bumbu dapur, seperti bawang merah, jahe dan bawang putih.

Jus bumbu dapur ini dijadikan sebagai masker rambut yang dapat merawat rambut rontok, cukup dengan membalurkan jus bawang putih, jus jahe atau jus bawang merah pada kulit kepala dan rambut dan kemudian dibalut rapi dengan menggunakan shower cap. Biarkan rambut selama satu malam baru kemudian rambut dibersihkan di pagi harinya.

Menggunakan minyak alami

cara merawat rambut rontok dan kering dapat dilakukan dengan menggunakan minyak alami. Pemakaian minyak alami untuk merawat kesehatan rambut dan kelembaban rambut, terutama minyak kelapa dan minyak zaitun telah diyakini sejak lama oleh para leluhur.

Minyak kelapa, canola oil atau minyak zaitun dioleskan secara merata pada kulit kepala dan rambut sambil dipijat perlahan, setelah itu bungkus rambut dengan shower cap dan diamkan rambut selama 1 jam sebelum kemudian dibersihkan dengan sampo. Kandungan alami dari minyak alami dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan lebih intens sehingga rambut yang rontok bisa digantikan dan rambut yang awalnya tipis bisa menjadi lebih lebat.

Antioksidan

Cara merawat rambut rontok dan kering secara alami dengan menggunakan bahan alami yang mengandung antioksidan tinggi. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi yang mana dapat membantu mencegah kerontokan rambut juga meningkatkan pertumbuhan rambut.

Balurkan teh hijau hangat (Anda dapat memakai kantong teh hijau) ke atas permukaan kulit kepala. Biarkan selama 60 menit agar antioksidan di dalam teh hijau meresap dengan maskimal pada rambut dan kulit kepala baru bilas rambut dengan memakai sampo.

Memijat kepala

Aktivitas memijat kepala yang Anda lakukan dengan rutin berdampak positif bagi kesehatan rambut dan kulit kepala Anda. Pemijatan rambut dapat membantuk memperlancar sirkulasi darah menuju kepala sehingga folikel rambut tetap bekerja dengan aktif. Lakukan pemijatan kepala dengan menggunakan minyak alami selama beberapa menit setiap hari.

Melakukan meditasi

Percaya atau tidak percaya, nyatanya melakukan meditasi dapat merawat rambut rontok. Meditasi akan membantu mengurangi tekanan atau stres yang mana dapat menyebabkan rambut rontok. Selain itu, melakukan meditasi juga membuat hormon tubuh lebih seimbang.

Lakukan meditasi di tempat yang tenang setidaknya sekali setiap minggu, selain baik untuk kesehatan rambut, melakukan meditasi juga baik untuk kesehatan pikiran Anda.

Cara merawat rambut rontok ini dapat membantu mengatasi masalah rambut yang rontok yang saat ini tengah Anda alami dan Anda keluhkan, karena rambut rontok bisa timbul tenggelam, maka lakukan perawatan rambut rontok secara teratur meskipun rambut Anda sudah tidak rontok lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *