Fakta Dibalik Cara Mencegah Jerawat

Jerawat bisa datang kapan saja tanpa bisa dikendalikan, beberapa orang bahkan hampir selalu mengalami gangguan kulit ini setiap bulannya. Awalnya timbul satu dan lama kelamaan timbul banyak dan tentu saja sangat mengganggu penampilan Anda.

Cara mencegah jerawat agar tidak timbul kembali bisa Anda lakukan dengan memahami seluk beluk jerawat itu sendiri dengan segala keterbatasan dan keunikannya yang kemudian bisa Anda cari cara pengobatannya dan pencegahannya. Simaklah uraian menarik di bawah ini yang akan membuat Anda mengetahui, memahami dan mengenal jerawat dari unsur terdasar hingga bagaimana cara yang efektif untuk mengobati jerawat:

cara-mencegah-jerawat

Kenali Jenis Jerawat

Faktanya jerawat memiliki jenis yang cukup beragam, hampir sama dengan klasifikasi kelompok hewan amfibi atau reptil. Macam-macam jerawat tersebut muncul tergantung dari bagaimana proses yang menyebabkan dan di mana letak jerawat tersebut muncul.

1. Whitehead atau komedo tertutup merupakan jerawat yang memiliki ciri khas warna menyerupai warna kulit agak menonjol dengan warna putih kemerahan.

2. Blackhead atau komedo terbuka merupakan jerawat yang memiliki ciri khas hampir sama dengan Whitehead, bedanya terletak pada kepala atau puncak jerawat yang terbuka dengan bebas hingga dapat tersentuh dengan hembusan udara. Jerawat ini memiliki warna hitam.

3. Cyst atau jerawat batu merupakan macam jerawat yang biasa disertai dengan peradangan. Menghadapi jerawat batu harus lebih hati-hati, upayakan untuk tidak memencet jerawat karena akan berakibat fatal,yakni bakteri yang terdapat di dalam jerawat masuk ke dalam kulit.

Penyebab Timbulnya Jerawat

Cukup banyak hal yang menyebabkan timbulnya jerawat di permukaan wajah, diantaranya:

1. Pemakaian make up. Setiap orang membutuhkan make up, entah sebagai riasan yang mempercantik wajah maupun sebagai bentuk pencegahan masuknya sinar matahari atau partikel jahat, make up yang tidak dibersihkan dengan baik dapat memicu timbulnya jerawat.

2. Sering menyentuh wajah. Tangan Anda mengandung kuman yang berbahaya bila sampai ke mulut maupun wajah. Biasakan untuk tidak menyentuh wajah atau melakukan gasture yang menghubungkan antara wajah dengan tangan.

3. Produk rambut. Faktanya produk rambut memiliki banyak kandungan jahat yang dapat menyebabkan jerawat. Menggunakan poni depan dapat menyebabkan timbulnya jerawat di dahi.

4. Peralatan make up kotor. Make up yang tidak dibersihkan secara teratur akan berubah menjadi sarang bakteri. Bersihkan peralatan make up sebelum digunakan.

Makanan Penyebab Jerawat

Beberapa makanan lezat yang kerap kali Anda konsumsi, nyatanya dapat membantu munculnya jerawat, seperti:

1. Karbohidrat olahan. Beberapa karbohidrat olahan, seperti, pasta, roti maupun kue diidentifikasi mampu menyebabkan kulit berjerawat.

2. Produk sapi. Berbagai macam produk olahan dari sapi yang kaya akan kadar lemak dapat memicu timbulnya jerawat.

3. Cokelat. Mungkin bukan pemicu timbulnya jerawat namun dapat membuat jerawat yang ada semakin parah.

4. Garam dan gorengan. Keduanya tidak bisa dikonsumsi setiap hari secara berlebihan karena memicu timbulnya jerawat.

Cara Menghindari Jerawat

Dari uraian yang telah dijelaskan secara singkat di atas, tentunya Anda dapat memahamu dengan baik bagaimana cara terbaik untuk mencegah timbulnya jerawat di permukaan kulit wajah. Langkah awal bisa Anda lakukan dengan mengatami, lihat secara teliti, apakah macam jerawat yang Anda alami, setelahnya Anda bisa mencoba untuk menghindari berbagai macam makanan yang dapat menyebabkan jerawat.

Cara mencegah jerawat dengan mengikuti semua aturan dan tata cara yang berlaku yang mana telah disampaikan dengan baik di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *