Gangguan Pada Kulit Manusia dan Cara Mengatasinya

Kulit merupakan organ terluas dan terluar penyusun tubuh manusia, tanpa kulit yang melindungi organ dalam tubuh dan susunan tulang, manusia akan tampak mengerikan.

Kulit memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah untuk melindungi permukaan tubuh dari faktor eksternal, menjaga suhu tubuh, serta mengeluarkan kotoran tertentu yang mana tidak tepat bila dikeluarkan melakukan feses atau urin.

Gangguan pada kulit biasa terjadi karena beberapa faktor, seperti alergi akan suhu tertentu (faktor iklim), lingkungan tempat tinggal yang membuat kulit menjadi lebih sensitif, gaya hidup yang tidak bersih dan masih banyak lagi.

gangguan-pada-kulit-manusia

Gangguan Pada Kulit Manusia

Gangguan pada kulit manusia biasanya akan ditunjukkan lewat gejala yang sama, disebabkan karena faktor setipe dan membutuhkan pengobatan yang sama, meskipun jenis penyakit kulit yang diderita bervariasi.

Walaupun begitu, setiap penyakit kulit akan memperlihatkan varians gejala serta keparahan dan karakteristik berbeda bahkan dapat dikatakan cukup unik. Jenis penyakit kulit yang ditampilkan dapat terlihat atau tidak terlihat yang mana akan mengancam kehidupan seseorang yang mengalaminya.

Gangguan Pada Kulit dan Cara Mengatasinya

Berikut ini beberapa gangguan pada kulit dan cara mengatasinya:

Eksim

Eksim merupakan penyakit kulit yang dialami oleh manusia dan ditunjukkan dengan ciri fisik, kulit akan tampak kemerahan, bersisik, terasa gatal disaat malam hari, timbul gelembung kecil yang berkelompok ( mengandung air atau bisa jadi nanah), kulit pecah-pecah, terasa bengkak bahkan bisa melepuh.

Mengatasi gangguan kulit eksim bisa dilakukan secara alami, yakni dengan menggunakan jahe yang diparut halus dan diperas airnya, air perasan jahe kemudian dicampur dengan air perasan dari halusan lobak. Kedua air perasan alami tersebut dapat dimanfaatkan secara langsung sebagai obat eksim oles.

Kudis dan panu

Kudis merupakan penyakit kulit yang dapat menular, mereka yang menderita kudis akan merasakan gatal yang begitu menyiksa di malam hari, kudis akan menyerang daerah kulit yang lembab, seperti lipatan ketiak, sela jari tangan maupun jari kaki dan tangan. Sedangkan panu merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur.

Ditandai dengan bercak dan rasa gatal pada kulit, bercak berwarna putih, bisa juga merah atau coklat tergantung dengan warna kulit asli penderita. Kudis dan panu dapat diobati dengan menggunakan lengkuas. Tumbuk halus beberapa rimpang lengkuas lalu campur dengan bawang putih yang telah dihaluskan, balurkan campuran alamu ini pada daerah kulit yang terdapat kudis dan panu.

Kurap

Penyakit kulit ini menular dan disebabkan oleh infeksi jamur. Tanda kulit terinfeksi jamur kurap dapat dilihat ketika ada lingkaran merah muda dan kulit kasar di beberapa bagian kulit.

Bisul

Berbeda dengan kurap, bisul merupakan penyakit kulit yang berupa seperti benjolan, berisi nanah dan berwarna merah. Pada umumnya, bisul terasa panas dan dapat tumbuh di mana pun di bagian tubuh yang lembab.

Kutu air

Penyakit ini disebabkan oleh jamur yang kemudian menyebar ke sela jari tangan, sela jari kaki atau juga bisa terdapat pada lipatan paha. Kulit yang terkena kutu air akan memiliki luka, khususnya pada lipatan kulit, kulit terasa gatal dan apabila kulit digaruk akan terbentuk peradangan maupun pembengkakan di sekitar bagian kulit yang sakit.

Gangguan pada kulit bisa dicegah dengan rajin membersihkan tubuh, gunakan sabun mandi yang mampu melawan bakteri dan mencegah pertumbuhan jamur terjadi pada permukaan kulit. Mencegah penyakit kulit harus Anda lakukan seterusnya, karena kulit adalah bagian penyusun tubuh yang paling mudah terlihat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *