Gaya Hidup Sehat di Era Teknologi

Kemajuan teknologi merupakan salah satu dampak positif dari globalisasi. Mobilitas yang tinggi menandai suatu era dimana teknologi modern telah dimanfaatkan dengan baik. Dibidang kesehatan misalnya, sudah banyak ditemukan peralatan canggih untuk menyembuhkan berbagai penyakit secara cepat dan praktis. Akan tetapi semakin tinggi teknologi dalam bidang kesehatan tidak dibarengi dengan tingkat kesadaran masyarakat akan kesehatan itu sendiri. Semakin hari semakin banyak orang-orang dirawat di rumah sakit karena penyakit yang dideritanya. Akibatnya muncul beberapa opini tentang dampak buruk perkembangan teknologi yang mengakibatkan menurunnya gaya hidup sehat masyarakat.

gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat masyarakat sudah banyak dipengaruhi oleh kemajuan teknologi. Sangat memungkinkan sekali pada era dimana semua kebutuhan manusia dapat dipenuhi dengan satu jari saja. Cukup dengan berbaring dikamar tidur transaksi jual beli yang melibatkan jutaan rupiah cepat dan mudah dilakukan. Sampai-sampai membeli barang kebutuhan pokok dapat sambil ngeteh dan baca koran. Kondisi demikian ini yang menjadi salah satu sebab  menurunnya kualitas kesehatan seseorang.  Pola makan sembarangan, ditambah sedikitnya aktivitas menggerakkan tubuh akan memudahkan penyakit bersarang didalam tubuh.

Membenahi keteraturan hidup perlu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Tubuh manusia akan mudah sekali dimasuki oleh bibit penyakit apabila tidak dijaga dan dirawat dengan baik. Memang sudah banyak klinik-klinik kesehatan menawarkan jasa pengobatan modern, dari yang paling murah hingga yang paling mahal. Bagi orang-orang yang mempunyai perekonomian baik akan mudah untuk mendapatkan layanan kesehatan, tetapi bagi berperekonomian rendah akan sulit mendapatkan layanan dan fasilitas kesehatan. Sebenarnya kesehatan itu dapat diperoleh tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak. Hidup sehat dapat diperoleh secara mudah dengan mengatur gaya hidup sehat.

Tak harus mahal, dengan biaya minimal sudah dapat memperoleh gaya hidup sehat yang didinginkan. Cukup mengatur pola kehidupan yang sehat dan berkualitas dengan dengan memperhatikan kondisi lingkungan untuk memperoleh hidup sehat. Tubuh manusia memiliki kemampuan adaptasi untuk menyesuaikan dengan lingkungan sekitar. Seseorang yang tinggal di lingkungan bersuhu rendah akan cenderung banyak mengkonsumsi bahan makanan yang banyak mengandung lemak. Berbeda degan orang yang tinggal di lingkungan bersuhu panas, akan lebih banyak mengonsumsi makanan segar dan mengandung banyak air. Dengan mengetahui pola makan yang baik dan benar merupakan langkah awal untuk memulai gaya hidup sehat dan berkualitas.

Meskipun era globalisasi semakin menjadi-jadi, tapi jangan sampai mempengaruhi kualitas hidup. Kualitas hidup dapat tercermin dari tingkat kesehatannya. Semakin tinggi tingkat kesehatan seseorang semakin bagus kualitas hidupnya. Gaya hidup yang sehat dapat dimulai dari memperhatikan hidangan makan yang dimakan sehari-hari. Makanan yang sehat dan menyehatkan apabila sudah memenuhi standar gizi yang mencukupi, empat sehat lima sempurna. Selanjutnya aktivitas sehari-hari juga harus tetap diperhatikan, terutama setelah makan. Duduk santai dan rileks adalah salah satu cara untuk mengoptimalkan proses pencernaan didalam lambung. Hindari kebiasaan tidur sehabis makan. Tidur setelah makan dapat menyebabkan penimbunan makanan didalam perut karena tidak bekerjanya enzim dalam mencerna makanan. Alhasil bukan rasa bugar yang dirasakan setelah makan, tetapi rasa lemas dan malas. Selain itu kalori yang tertimbun akan semakin bertambah hingga menyebabkan obesitas. Olah raga yang cukup juga mendukung untuk mengatur pola hidup sehat. Olah raga tidak hanya dilakukan diluar ruangan tetapi dapat juga dilakukan dalam ruangan, misalnya dengan aktivitas ritmis sederhana seperti ‘warming up’ atau pemanasan. Apabila semua sudah terpenuhi maka gaya hidup sehat sudah anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *