Hidup ala Rasul Agar Kesehatan Selalu Terjaga

Nikmat sehat yang dikaruniakan Allah SWT kepada hambanya sungguh tidak ternilai harganya. Kita wajib mensyukuri nikmat yang telah di karuniakan tuhan kepada kita. Bentuk rasa syukur tersebut bisa dengan menjalankan setiap perintahnya yaitu beribadah dan melakukan amalan lainnya. Untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak fit sebaiknya kita mencontoh hidup ala Rasul. Ada dua manfaat sekaligus yang bisa kita dapatkan apabila kita mencontoh hidup yang dijalankan Rasul. Pertama kita mendapatkan manfaat hidup sehat karena gaya hidup Rasul mencerminkan gaya hidup yang sehat dan memiliki pola yang teratur serta disiplin terhadap waktu. Yang kedua kita mendapatkan pahala  karena gaya hidup Rasul sarat akan ibadah dan amalan-amalan yang insya allah mendapatkan kebaikan disisi Allah SWT.

Pada zaman atau era saat ini orang semakin sibuk dengan aktivitasnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam menjalankan aktivitas tersebut manusia haruslah dalam keadaan sehat dan dalam keadaan fit, apabila kesehatan terganggu maka aktivitas sehari-hari pun ikut terganggu. Barulah kita sadari bahwa nikmat sehat yang diberikan Tuhan harus selalu kita jaga sebaik mungkin. Cara efektif untuk selalu menjaga nikmat sehat ini selain terus bersyukur kepada Allah, kita juga harus menjaganya dengan baik. Cara paling baik adalah dengan meneladani Rasul kita. Mengamalkan hidup ala Rasul akan dapat menjaga kondisi kesehatan kita agar selalu dalam kondisi yang baik untuk menjalankan setiap aktivitas kita.

hidup ala rasul

Menurut berbagai riwayat yang dikisahkan oleh para sahabat nabi. Rasul sangat jarang sakit, meskipun kegiatan atau aktivitas beliau sebagai seorang Rasul sangatlah banyak, dari mulai berdakwah dari satu tempat ke tempat lain, berperang, memimpin umat dan masih banyak tanggung jawab lain. Kita sebagai seorang muslim sudah selayaknya untuk mencontoh hidup ala Rasul, tentu saja bukan berarti kita harus berperang dan lain sebagainya yang sudah tidak relevan lagi. Kita bisa mencontoh berbagai aktivitas beliau dan kebiasaan beliau yang sudah barang tentu mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh, ditambah lagi Ing Sya Allah kita bisa mendapatkan pahala atas kegiatan tersebut.

Hidup ala Rasul yang pertama adalah Rasul terbiasa makan secara teratur dan disiplin, Rasul terbiasa sebelum lapar beliau makan, dan sebelum kenyang beliau berhenti makan. Hal itu yang selalu dijadikan prinsip, telah ada bukti kebenaran ilmiah bahwa kebiasaan seperti itu dapat menyehatkan tubuh, karena menjaga lambung untuk selalu terisi. Karena apabila lambung dibiarkan kosong secara rutin, akan menimbulkan penyakit maag dan penyakit lainnya. Selain itu berhenti makan sebelum kenyang juga sangat baik untuk kesehatan tubuh, bagaimanapun segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Hal ini menjadi sangat relevan dan patut kita tiru, mengingat gaya hidup kebanyakan orang saat ini sangat tidak memperhatikan pola makan, sehingga tidak heran banyak bermunculan penyakit yang menyerang mereka.

Yang kedua, adalah masih berkaitan dengan soal makan. Rasul makan menggunakan tangan kanan. Hal ini bukan hanya sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia, tetapi memang sudah dicontohkan Rasul kita sejak dari dahulu. Menurut penelitian, apabila kita makan menggunakan tangan kanan maka otak yang aktif saat itu adalah otak bagian kiri, yang merupakan pusat berpikir dan analisis, sehingga membantu mengasah kecerdasan otak. Sedangkan makan dengan tangan kiri, otak kanan yang aktif, merupakan pusat dari imajinasi atau khayalan. Demikian pembahasan hidup ala Rasul yang bisa membantu kita menjaga kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *