Mencegah Keputihan Pada Wanita

Merupakan masalah umum dan klasik yang selalu hangat diperbincangkan oleh wanita, yang menyangkut dengan organ intimnya yaitu permasalahan keputihan pada wanita. Tidak sedikit wanita malah yang tidak mengetahui apa itu keputihan dan apa yang menjadi penyebab keputihan , apalagi mengenai cara pencegahan keputihan, apa itu keputihan dan apa penyebabnya saja tidak tahu. Maka dalam artikel ini akan dibahas apa saja penyebab keputihan, apa saja jenis penyakit keputihan, dan yang terpenting bagaimana cara mencegah keputihan. Bukan hanya merugikan wanita, bagi mereka yang sudah menikah, keputihan tentu saja akan membuat suami tidak nyaman malah enggan untuk melakukan hubungan, maka sebelum timbul penyakit ini kaum wanita wajib melakukan beberapa tindakan preventif atau pencegahan.

Ironisnya kebanyakan wanita menganggap enteng penyakit keputihan ini, menurut penelitian keputihan menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit penyakit lain yang sifatnya lebih ganas dan berbahaya, seperti kemandulan, dan kehamilan di luar kandungan, serta penyakit kanker, seperti kanker leher Rahim. Gejala awal dari kanker ini diawali dengan keputihan. Jadi jangan menganggap enteng keputihan. Sebelum membahas cara mencegah keputihan anda harus mengetahui jenis keputihan pada wanita terlebih dahulu, keputihan terdiri dari dua jenis yaitu keputihan yang bersifat fisiologis dan keputihan yang bersifat patologis ( karena penyakit) keduanya sama sama merupakan penyakit keputihan yang membedakan hanya pada penyebab munculnya saja.

keputihan pada wanita

Jenis keputihan pada wanita yang pertama adalah keputihan fisiologis merupakan keputihan  yang timbul karena hal hal yang wajar dan bersifat normal. Biasanya keputihan jenis ini muncul sebelum dan sesudah menstruasi, sifat cairan keputihannya encer, tidak berbau dan tidak menyebabkan gatal, warnanya bening, dan tidak berbahaya untuk kehamilan. Jenis keputihan yang kedua adalah keputihan patologis, keputihan ini timbul karena penyebab yang tidak normal, sehingga disebut keputihan tidak normal. Keputihan ini disebabkan oleh infeksi bakteri sifat cairan keputihannya kental, berwarna, jumlahnya banyak, dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Keputihan jenis ini juga bisa mengancam keselamatan janin dalam kandungan, karena bayi dapat ikut terinfeksi bakteri yang akan menyebabkan bayi lahir premature, sesak napas, sampai kematian.

Setelah mengetahui jenis jenis keputihan, maka anda harus mengetahui bagaimana cara pencegahan keputihan pada wanita. Cara pencegahan yang harus anda lakukan pada intinya adalah selalu menjaga kebersihan tubuh terutama organ intim anda. cara pencegahan diantaranya pertama, selalu menjaga kebersihan organ intim, bisa dengan menggunakan pembersih yang memang di rekomendasikan untuk membersihkan organ intim wanita, biasanya kandungan dalam produk pembersih tersebut memiliki pH yang seimbang, gunakan produk pembersih yang berbahan susu, karena akan meningkatkan jumlah flora dan bakteri baik dalam organ intim, yang bisa membantu melindungi dan mengobati keputihan. Hindari menggunakan sabun anti septik atau anti bakteri secara berkepanjangan karena tidak baik untuk vagina dan bersifat keras.

Pastikan vagina dalam keadaan kering setelah kencing, dan cucilah vagina dengan bersih, dan pastikan kering, jangan membiarkan vagina lembab. Kelima. Untuk menjaga agar vagina anda tidak lembab, selalu pastikan CD dalam keadaan kering, segera ganti apabila basah karena keringat. Cara pencegahan keputihan pada wanita yang selanjutnya adalah hindari menggunakan bedak atau semacam bubuk yang digunakan pada vagina untuk tujuan membuat vagina harum dan kering, karena sisa dari bedak tersebut dapat terselip pada vagina dan sangat sulit untuk dibersihkan sehingga beresiko tumbuhnya jamur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *