Penyebab Dan Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami Dan Tahan Lama

Rambut indah selalu diidentikkan dengan warna rambut yang hitam, tebal dan sehat. Sayangnya tidak semua orang memiliki rambut ideal semacam ini. Beragam cara dilakukan untuk mendapatkan rambut ideal tersebut, bukan hanya wanita saja, pria pun juga melakukan hal tersebut.

Rambut memerah, memutih atau beruban adalah masalah terbesar yang sering dijumpai. Memang kini ada pewarna rambut untuk menghitamkannya, namun tidak bersifat permanen dan hanya sementara saja. Bagi anda yang ingin menghitamkannya secara permanen, berikut ini cara menghitamkan rambut secara alami dan tahan lama.

Penyebab Rambut Memerah Atau Beruban

Penyebab Dan Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami Dan Tahan Lama

Sebelum memasuki pokok pembahasan, kita sebaiknya mengetahui penyebab rambut memerah atau beruban. Ada beberapa yang menjadi penyebab rambut kita menjadi seperti ini.

1. Faktor genetik

Baca Juga :

Tips Cara Menghitamkan Rambut Alami Berkilau dg Lidah Buaya & Kemiri

4 Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami yang Efektif

Pastikan Tahu Cara Alami Merawat Rambut Rontok Dan Kering

Cara Melebatkan Rambut Dari Tumbuhan Alami

Faktor genetik atau keturunan adalah faktor utama, misalnya saja orang tua anda memiliki rambut berwarna coklat, atau merah. Maka umumnya anda juga memiliki warna rambut semacam ini, sebenarnya bukan dari orang tua saja, terkadang kakek dan nenek juga dapat mempengaruhinya.

2. Sering terpapar sinar matahari

Sinar matahari langsung memang memberikan dampak yang kurang baik. Jika anda terlalu sering berada dibawah paparan sinar matahari langsung tanpa pelindung, rambut anda dapat berubah memerah.

3. Shampoo yang tidak cocok

Shampoo juga memiliki pengaruh terhadap perubahan warna rambut anda, shampoo yang tidak cocok dengan rambut anda sangat berpengaruh pada perubahan warna rambut anda. Lebih baik anda lebih selektif dalam memilih shampoo.

Tips Menghitamkan Rambut

Ada beberapa cara untuk menghitamkan rambut anda yang memerah ataupun beruban, bahkan cara ini dikenal sebagai cara menghitamkan rambut secara alami dan tahan lama. Berikut ini cara yang dapat anda lakukan.

– Minyak kemiri

Cara yang pertama anda dapat memanfaatkan salah satu bumbu dapur ini. Kemiri sudah dikenal begitu bermanfaat untuk menghitamkan sekaligus melebatkan rambut. Kini ada banyak penjual minyak kemiri disekitaran kita, namun bila anda ingin membuatnya sendiri bisa saja. Caranya haluskan kemiri hingga seperti bubuk, lalu goreng sangat kemiri hingga mengeluarkan minyak.

Minyak inilah yang dipergunakan untuk rambut kita nantinya. Saring dan ambillah minyak kemiri, kemudian kita usapkan pada kulit kepala. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air bersih dilanjutkan menggunakan shampoo. Agar hasilnya maksimal, anda dapat melakukan treatment ini secara teratur paling tidak satu minggu sekali.

– Lidah buaya

Selain kemiri lidah buaya atau pemilik nama lain aloe vera juga dapat dipergunakan sebagai cara menghitamkan rambut secara alami dan tahan lama bahkan mampu menyuburkan rambut. Kita hanya perlu mengambil daging lidah buaya secukupnya, bersihkan dari kulitnya dan usapkan pada rambut kita secara merata. Diamkan paling tidak 30 menit agar khasiatnya meresap hingga akar rambut, lalu bilas dengan air bersih dilanjutkan menggunakan shampoo.

– Minyak zaitun

Minyak zaitun atau olive oil juga dapat membantu kita menghitamkan dan menyuburkan rambut. Kandungannya yang berkhasiat sering dipakai untuk berbagai hal termasuk kecantikan. Yang perlu anda lakukan adalah mengusapkan minyak zaitun ini ke kulit kepala hingga merata, diamkan agar minyak meresap kedalam akar rambut. Barulah bilas hingga bersih dilanjutkan dengan shampoo.

Itulah tadi beberapa penyebab rambut memerah atau beruban beserta cara menghitamkan rambut secara alami dan tahan lama. Selain mengetahui penyebabnya anda juga tahu bagaimana menghitamkannya bukan? Jika rambut anda sudah hitam dan lebat, ingat untuk selalu menjaganya dengan memberikan vitamin rambut dan selalu keramas menggunakan shampoo yang cocok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *