Penyebab dan Perawatan Rambut Rontok

Penyebab kerontokan rambut oleh setiap wanita dan pria bisa berbeda-beda sehingga perawatan rambut rontok yang harus dilakukan pun berbeda. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan rambut rontok. faktor kesehatan akan mempengaruhi tingkat kerontokan pada rambut, contohnya seseorang yang mengidap penyakit lupus dan penyakit kanker. Pada pria kerontokan biasanya dimulai setelah masa pubertas. Menginjak usia kepala tiga tingkat kerontokan meningkat sebesar 80%. Kalau pada wanita, kerontokan rambut akan terjadi secara lambat dan ringan atau tidak rontok dalam jumlah yang banyak. Namun kerontokan rambut pada wanita di daerah vertex saat berusia 50 tahun akan jauh lebih parah sehingga mengakibatkan penipisan rambut. Rambut yang rontok pada seseorang dengan kondisi normal, jumlah helai rambut yang rontok tidak melebihi dari 100 helai di tiap harinya. Kerontokan rambut yang normal akan membuat rambut baru tumbuh namun jika rontoknya sudah melebihi dari 100 helai maka perlu di khawatirkan.

Beberapa faktor lainnya yaitu karena kurang perawatan sehari-hari, seperti jarang keramas untuk membersihkan rambut. Rambut yang terkena sinar matahari dan bercampur dengan debu serta keringat akan menyebabkan rambut menjadi bau, berketombe, dan kerontokan. Perlakuan yang salah pada rambut juga akan menyebabkan rambut menjadi rontok. alih-alih mendapatkan rambut yang sehat malah akan memperparah kerontokan, perawatan seperti pengeritingan, pengeringan, dan pelurusan rambut. Sebaiknya melakukan perawatan rambut rontok atau perawatan lain yang dapat membuat rambut sehat, hitam, dan tebal.

Perawatan Rambut Rontok

Perawatan Rambut Rontok

Bahan-bahan kimia yang digunakan untuk meluruskan rambut akan membuat rambut kering dan pecah-pecah. Pada pewarnaan rambut juga menggunakan bahan kimia yang terkadang tidak cocok dengan rambut seseorang. Faktor luar lainnya yaitu seperti adanya radikal bebas yang memperburuk kondisi rambut. Rambut jadi lepek, kering, bercabang dan berketombe. Kebiasaan mengikat rambut dengan ikat rambut yang terlalu sering dan lama juga akan membuat rambut rontok. rambut juga perlu di biarkan terurai. Pola diet yang salah juga akan berpengaruh pada kesehatan rambut. Rambut akan rontok setelah melakukan diet ketat yang tak sehat. Faktor dari dalam yaitu adanya keseimbangan hormone pada seseorang. Maka dari beberapa penyebab rambut rontok diatas perawatan rambut rontok akan membantu pemulihan rambut sehat Anda.

Perawatan rambut rontok bisa memakai beberapa treatment yang banyak di tawarkan oleh salon-salon. Seperti creambath, hair spa, dan hair mask. Pada treatment hair spa dan hair mask sebaiknya Anda konsultasi kondisi rambut Anda. Rambut yang rontok sebaiknya di kurangi treatment penguapan pada hair mask dan hair spa. Jika menginginkan perawatan alami bisa menggunakan bahan alami seperti bawang, kemiri, lidah buaya dan bahan alami lainnya. Penggunaan bawang pada treatment rambut rontok harus di haluskan terlebih dahulu baru di oleskan ke kulit kepala. Setelah didiamkan beberapa saat baru di cuci menggunakan air hangat hingga bersih.

Pada penggunaan kemiri bertujuan agar rambut jadi kuat, dan hitam. Kemiri yang di sangria kemudian di tumbuk halus. Setelah itu dioles-oleskan secara merata keseluruh kulit kepala setelah beberapa saat baru di cuci bersih. Sedangkan pada aloe vera atau sering di kenal dengan nama lidah buaya memang dikenal dapat di gunakan pada perawatan rambut rontok. lidah buaya dapat digunakan langsung dengan di oleskan ke kulit kepala. Air dari batangnya akan terasa dingin di kepala. Penggunaan secara rutin akan mengurangi kerontokan rambut, namun jika kerontokan karena penyakit Anda harus pergi ke dokter.

Beberapa artikel ciricantik.com mengenai kesehatan rambut :

Cara merawat rambut wanita agar tetap sehat

Cara merawat rambut smoothing

Cara mengatasi rambut lepek serta berminyak

Berbagai tips dan trik mengenai Rambut lengkap di www.ciricantik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *