Penyebab Kulit Kering Kusam Bersisik dan Gatal

Kulit kering adalah masalah yang kerapkali dialami banyak orang. Terutama disaat cuaca sedang dingin, secara alami kulit akan menjadi lebih kering dan kasar.

Kulit pecah-pecah, kulit gatal, kulit yang kemerahan, kulit bersisik dan kulit yang teriritasi merupakan kondisi atau gejala jika kulit Anda sedang kering. dr. Obagi, merupakan seorang profesor dermatologi yang bekerja di University of Pittsburgh, beliau akan membantu Anda untuk mengenal dan mengatahui beberapa penyebab kulit kering :

Penyebab Kulit Kering Kusam Bersisik dan Gatal

penyebab-kulit-kering-kusam-bersisik-gatal

Udara yang kering

Salah satu penyebab kulit kering dan bersisik adalah udara yang kering. Suhu udara yang rendah dan intensitas angin yang tinggi dapat memicu kulit kering, karena kulit membutuhkan kurang lebih 60% kelembaban untuk tetap menghidrasi kulit dengan baik.

Karena udara yang kering dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan berpotensi membuat kulit bersisik, maka cobalah untuk tidak berada di lingkungan dengan udara yang kering terlalu lama, artinya Anda tidak dianjurkan untuk menetap terlalu lama di lingkungan yang kering, di bawah matahari.

Air yang panas

Penyebab kulit kering dan gatal yang hingga saat ini masih terus dilakukan bahkan menjadi bagian gaya hidup di beberapa Negara adalah mandi dengan memakai air panas. Mandi dengan menggunakan air yang panas dapat menghilangkan minyak alami pada kulit sehingga kulit menjadi lebih kering dan kasar, pemakaian air panas yang tidak higienis juga dapat menyebabkan kulit menjadi gatal-gatal.

Dianjurkan untuk tidak mandi dengan memakai air panas lebih dari 10 menit, setelah memberishkan badan dengan air hangat segera seka tubuh dengan handuk agar hawa panas serta sisa air panas tidak meresap langsung pada kulit.

Sabun

Penyebab kulit kering dan kusam nyatanya juga dapat dilakukan disaat Anda memakai sabun. Banyak sekali sabun yang memiliki kandungan detergen yang cukup tinggi. Formula tersebut sengaja diciptakan untuk menghilangkan kotoran di permukaan kulit, namun sayangnya pemakaian sabun juga dapat mengangkat minyak alami kulit. dr. Obagi menyarankan Anda untuk hanya menyabuni tubuh pada beberapa daerah saja, misalnya pada pangkal paha, tengkuk serta ketiak, sedangkan bagaian tubuh lainnya tidak perlu untuk disabuni.

Pakaian

Memakai pakaian yang terlalu ketat dapat menyebabkan kulit menjadi bermasalah. Kulit dapat terkena iritasi jika kain yang ketat menggosok kulit dengan intensif, terutama jika sejak awal kulit sudah kering. dr. Obagi menyarankan Anda untuk memakai pakaian yang lebih longgar sehingga penyebab kulit menjadi lebih kering dapat dikurangi.

Kondisi medis

Beberapa orang memiliki kondisi medis yang ternyata dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Perubahan hormon atau permasalahan pada kulit seperti eksim dapat memicu kulit menjadi lebih kering dan kasar. Perubahan hormon mungkin tidak dapat diatasi, namun Anda bisa mengatasi permasalahan kulit yang ada dengan menggunakan obat kulit alami yang efektif.

Obat-obatan

Begitu banyak obat-obatan yang dapat memengaruhi kesehatan kulit atau membuat kulit menjadi lebih kering dari sebelumnya. Namun jangan khawatir, karena kondisi kulit akan kembali normal disaat konsumsi obat-obatan dihentikan.

Disaat Anda telah mengenal serta mengetahui berbagai penyebab kulit kering, Anda akan mudah untuk mencegah dan mengatasinya. dr. Obagi juga menganjurkan untuk selalu memakai moisturizer atau juga pelembab kulit secara teratur meskipun kulit sudah tidak lagi kering. Mengatasi kulit yang kering akan lebih mudah bila Anda telah memahami dengan baik penyebabnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *