Perawatan Rambut Rontok dan Berketombe Secara Alami

Rambut yang rontok dalam jumlah batasan 50-100 helai per harinya masih dinilai normal. Akan tetapi bila jumlah helaian rambut yang rontok sudah jauh dari jumlah batasan maka dibutuhkan perawatan rambut rontok dengan segera sehingga kerontokan rambut tidak berubah menjadi kebotakan.

Beberapa bahan alami faktanya mampu membuat rambut lebih kuat sehingga tidak mudah patah. Putih telur, tomat, lidah buaya dan minyak zaitun adalah beberapa bahan alami yang mampu menjaga kekuatan rambut.

Mencoba perawatan ini pun tidak sulit, cukup dengan menghaluskan dan membalurkannya saja pada kulit kepala dan helaian rambut selama beberapa menit, rambut Anda akan memperoleh nutrisi yang dibutuhkannya.

Perawatan Rambut Rontok dan Berketombe

perawata-rambut-rontok-berketombe-alami

Rambut rontok dan berketombe menjadi permasalahan rambut kompleks yang mengganggu semua orang yang mengalaminya, rambut rontok membuat Anda merasa kurang nyaman memakai pakaian putih sedangkan rambut berketombe membuat kulit kepala gatal dan mengikis rasa percaya diri Anda ketika mengenakan pakaian hitam.

Rambut rontok terjadi karena kondisi akar rambut yang rapuh dan lebih banyak terjadi pada rambut wanita yang panjang, sedangkan ketombe disebabkan karena kurangnya perawatan rambut rontok dan berketombe.

Pandan wangi dipercaya mampu mengatasi kedua permasalahan rambut tersebut karena pandan wangi mengandung alkaloida, soponin, polifenol, tanin, flavonoida dan berbagai zat lainnya yang mampu menjaga kekuatan rambut.

Perawatan Rambut Rontok Alami

Sudah dijelaskan dari awal jika perawatan rambut rontok alami merupakan jenis perawatan rambut yang ampuh, sama seperti bayam yang tinggi vitamin B, vitamin E dan vitamin C, serta kalium, zat besi, magnesium, kalsium dan asam lemak dari omega 3 yang mana dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut agar tumbuh lebih kuat dan sehat.

Zat besi yang ada di dalam dedaunan inj mampu meningkatkan pengikatan oksigen ke dalam sel darah merah yang kemudian akan didistribusikan dan dibawa ke folikel rambut.

Salah satu faktor yang mampu membuat kekuatan rambut berkurang adalah perubahan hormon yang biasa terjadi pada wanita yang sedang hamil, oleh karena itu tidak mengherankan jika hampir semua wanita mengandung mengeluhkan rambutnya yang rontok.

Perawatan Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Masalah rambut tidak akan selesai setelah Anda melahirkan, yang ada kondisi kulit kepala menjadi lebih buruk. Meskipun normal dan 50% wanita merasakannya, tetap saja diperlukan beberapa cara perawatan rambut rontok setelah melahirkan, seperti di bawah ini:

1. Coba untuk tidak menggunakan gaya rambut yang meningkatkan intensitas rambut patah, seperti mengikut rambut, mengepang rambut atau memakai rol rambut untuk membuat rambut keriting dan bergelombang secara alami. Semua gaya rambut ini membuat rambut mengalami stres dan akhirnya rontok dengan mudah.

2. Banyak mengkonsumsi makanan bergizi, terutama sayuran dan buah-buahan. Sayuran memiliki kandungan flavonoid serta antioksidan yang baik untuk menpercepat pertumbuhan dan perkembangan rambut. Mereka yang jarang mengkonsumsi buah dan sayuran berisiko lebih tinggi memiliki rambut rontok dan rusak.

3. Tambahkan asupan vitamin B kompleks, vitamin C dan vitamin E supaya rambut tetap sehat dan kuat tidak mudah mengalami kerontokan.

4. Pilih sampo yang memiliki kandungan biotin atau silika. Yang mampu membuat rambut tetap kuat dan sehat berkilau. Gunakan sisir dengan bentuk gigi yang jarang juga membantu menjaga rambut untuk tidak mudah patah.

Melakukan berbagai macam perawatan rambut rontok untuk memiliki rambut yang sehat merupakan hal yang tidak mudah. Cobalah untuk menemukan cara terbaik yang mampu mengembalikan kekuatan rambut Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *