Perawatan Rambut Smoothing Agar Tetap Lurus, Lembut dan Sehat

Perawatan rambut smoothing kini semakin dibutuhkan banyak wanita. Hal ini tidak mengherankan, karena metode smoothing mampu membuat rambut terlihat lurus alami, lembut dan indah. Rasa percaya diri pun akan semakin meningkat dengan penampilan dan tata rambut yang semakin baik.

Tetapi seperti halnya rebonding, smoothing juga dilakukan menggunakan bahan-bahan kimia dan perlakukan tertentu pada rambut. Karena itulah, rambut yang telah mengalami smoothing harus mendapatkan perawatan khusus agar tetap lurus, terasa lembut dan selalu sehat.

Cara Merawat Rambut yang Sudah Mengalami Smoothing

Perawatan Rambut Smoothing Agar Tetap Lurus, Lembut dan Sehat

Wanita sering melakukan smoothing untuk menghadiri sebuah acara tertentu. Tetapi banyak juga yang melakukannya agar selalu terlihat cantik. Jika Anda ingin hasil smoothing lebih tahan lama, sebaiknya tidak langsung mencuci rambut setelah smoothing. Tunggulah hingga 2 hari agar obat-obatan yang digunakan lebih meresap. Hal ini juga dilakukan untuk menghindari obat yang hilang akibat terkena air.

Baca Juga :

Perawatan Rambut Kering Rusak dan Smoothing Alami

Perawatan Rambut Alami Yang Murah dan Aman

Perawatan Rambut Rusak Agar Kembali Sehat dan Terawat

Perawatan Rambut Kering Agar Lebih Sehat dan Mudah Diatur

Perawatan rambut setelah smoothing agar tetap lurus juga bisa dilakukan dengan menggunakan kondisioner. Jadi setelah keramas, gunakan kondisioner yang mampu membuat rambut tetap lembut. Smoothing memang memberikan hasil yang berbeda dengan rebonding. Jika rambut yang telah direbonding terlihat kaku, maka rambut yang telah mengalami smoothing akan terlihat lebih lembut.

Walaupun berbeda hasil, tetapi kedua perlakuan ini bisa menyebabkan kerusakan yang sama pada rambut. Kerusakan yang sering terjadi adalah rambut yang mudah patah, bercabang, pecah, kering, berwarna lebih merah serta mudah rontok. Jika ciri-ciri tersebut sudah terjadi, maka Anda membutuhkan cara merawat rambut smoothing yang sudah rusak.

Jika Anda ingin melakukan smoothing tetapi mengharapkan rambut yang tetap sehat tanpa adanya kerusakan, maka beberapa cara perawatan bisa dilakukan. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan masker rambut. Beberapa bahan alami bisa digunakan sebagai masker rambut di rumah. Salah satunya adalah buah alpukat. Merawat rambut smoothing secara alami dengan alpukat bisa dilakukan dengan mengambil daging buah alpukat dan kemudian menghaluskannya.

Setelah itu, usapkan secara merata pada seluruh bagian rambut. Tunggu selama 20 menit, kemudian rambut bisa dicuci. Adapun bahan alami berikutnya yang bisa digunakan sebagai masker adalah santan kelapa. Caranya tidak jauh berbeda dengan masker alpukat, yaitu dengan mengusapkan santan tersebut secara merata ke seluruh helaian rambut. Jangan lupa juga mengusapkannya pada kulit kepala, lalu memijatnya.

Dengan cara ini nutrisi yang dikandung bisa lebih meresap. Madu serta minyak zaitun juga bisa digunakan sebagai masker rambut. Kedua bahan ini selain mampu menutrisi rambut, juga bisa membuat rambut lebih lembut dan lembab. Selain menggunakan bahan-bahan alami di rumah, perawatan rambut juga bisa dilakukan di salon. Perawatan rambut smoothing di salon biasanya dilakukan dengan cara creambath ataupun spa rambut.

Kedua metode tersebut bisa dipilih mana yang paling cocok dengan kondisi dan tingkat kerusakan rambut. Dengan perawatan yang rutin, maka kesehatan serta kelembutan rambut akan selalu terjaga. Nah, untuk menghindari terjadinya kerusakan pada rambut yang di smoothing, beberapa hal harus menjadi perhatian serius. Yang pertama adalah berusaha untuk tidak terlalu sering memakai hair daryer ataupun alat pencatok rambut.

Kedua alat ini memiliki suhu yang relatif tinggi, yang bisa membuat rambut lebih kering dan mudah rusak. Hindari juga mengikat rambut terlalu kuat dalam waktu yang lama. Agar rambut tidak mudah rontok, gunakan sisir yang memiliki gigi lebar. Cara-cara sederhana ini akan sangat membantu perawatan rambut smoothing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *