Tips Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Permanen

Ketombe merupakan suatu kondisi dimana kulit kepala ditumbuhi oleh jamur. Ketombe ditandai dengan adanya gejala rasa gatal serta timbulnya serpihan putih yang tersebar pada kulit kepala yang mana sangat mengganggu dan membuat Anda merasa kurang nyaman, terutama jika diminta untuk mengenakan pakaian berwarna hitam yang nampak berlawanan dengan warna putih.

Mengatasi ketombe harus dilakukan dengan disiplin tinggi dan serius karena ketombe adalah gangguan kesehatan pada kulit kepala yang bisa timbul kapan saja, walaupun pasca pengobatan. Cara menghilangkan ketombe secara alami dapat disimak di bawah ini:

Tips Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Permanen

cara-menghilangkan-ketombe-secara-alami

Lemon

Cara menghilangkan ketombe secara alami dan permanen dapat dilakukan dengan memakai air jeruk lemon. Menggunakan air jeruk lemon ini tidak harus diperas, Anda cukup membelah satu buah jeruk lemon menjadi dua bagian, lalu gunakan irisan jeruk lemon tersebut pada kulit kepala yang berketombe, usahakan agar tidak ada daerah kulit kepala yang tidak tergosok dengan irisan jeruk lemon. Lakukan cara alami ini 30 menit sebelum Anda berniat untuk keramas. Lakukan metode ini kapan saja disaat Anda sedang santai di rumah.

Minyak kelapa murni

Tips cara menghilangkan ketombe secara alami dengan memanfaatkan khasiat alami yang dimiliki oleh minyak kelapa murni. Cukup dengan rutin memijat kulit kepala dan rambut yang berketombe dengan minyak kelapa murni lalu biarkan saja selama beberapa saat sampai kandungan di dalam minyak kelapa menyerap sempurna pada permukaan kulit kepala.

Agar lebih efektif, cobalah untuk membungkus kepala dengan handuk hangat setelah proses pemijatan berlangsung, semakin lama handuk dibalut dengan minyak kelapa maka akan semakin baik hasil yang diperoleh.

Pakai fenugreek

Fenugreek juga efektif untuk membantu menghilangkan ketombe secara alami, fenugreek akan membersihkan kulit kepala dari ketombe. Rendam biji fenugreek di dalam air dan diamkan selama satu malam penuh, keesokan harinya hancurkan biji fenugreek yang direndam tersebut lantas balurkan pada kulit kepala dan juga rambut, biarkan 20 menit sebelum dibilas.

Pengobatan dengan memakai handuk yang hangat

Rendamlah handuk dengan memakai air yang telah dihangatkan lalu peras airnya, letakkan handuk hangat pada kepala, menutupi rambut dengan sempurna dan diamkan selama beberapa menit baru kemudian dibuka.

Larutan air dengan cuka

Cuka nyatanya baik dan cukup efektif untuk membantu menghilangkan ketombe dari kulit kepala dan juga rambut, atasi ketombe dengan cara melarutkan cuka di dalam air lalu bairkan selama semalaman, dan disaat paginya Anda dapat keramas dengan mencampurkan larutan cuka pada sampo, khususnya sampo herbal yang berkualitas baik.

Minum air mineral

Minum air mineral secukupnya setiap hari akan membantu mengatasi permasalahan kulit ketombe. Minum air putih akan membuat Anda selalu sehat dan segar, termasuk kesehatan rambut dan kulit kepala.

Memijat kepala pada saat proses keramas berlangsung

Pijatlah rambut dengan lembut dan merata dimulai dari leher hingga kepala disaat Anda keramas. Tindakan ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah sekaligus membantu menghilangkan ketombe yang telah terakumulasi di permukaan kulit kepala.

Cara menghilangkan ketombe secara alami jauh lebih mudah dan aman, Anda pun bisa melakukannya kapan pun disaat Anda menginginkannya. Menghilangkan ketombe harus dilakukan dengan segera karena kulit kepala yang berketombe jika tidak diatasi akan menjadi lebih parah hingga membuat kulit kepala menjadi rusak, bersisik bahkan bisa sampai berdarah. Utamakan untuk melakukan perawatan sederhana, mulai dari keramas dan masker rambut dengan rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *