Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Yang Gelap
Photo by karelys Ruiz on Unsplash

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Cepat

Bekas jerawat adalah masalah yang sangat mengganggu penampilan cantik seorang wanita. Kurang percaya diri dan terlihat kurang mempesona akan mempengaruhi kualitas hidup seorang wanita. Kenapa ya bekas jerawat ini sulit di hilangkan dan bertahan lama di kulit wajah? Dan kenapa pada sebagian orang bekas jerawat berwana gelap sehingga jelas terlihat oleh orang lain?

Dikutip dari Harpers Bazaar, bekas jerawat disebabkan oleh lesi peradangan jerawat, seperti papula (benjolan merah muda), pustula (benjolan merah muda dengan nanah putih), atau kista.

Beberapa alasan mengapa bekas jerawat bisa lebih gelap?

Genetik

Ada sebagian orang memang memiliki keturunan atau secara genetik bekas luka atau jerawat berbekas dan terlihat lebih gelap.

Tipe kulit

Tipe kulit juga sangat mempengaruhi, orang yang memiliki kulit lebih terang rentan pada hal ini bahkan ketika jerawat sudah tidak meradang. Terlihat lebih merah.
Sedangkan untuk orang yang lebih gelap sangat rentan dengan noda coklat setelah jerawat sembuh atau yang di sebit hiperpigmentasi.

Seorang dokter kulit di North Dallas Dermatology Associates setuju dan menjelaskan bahwa melanosit (sel yang menghasilkan melanin) berperilaku berbeda pada kulit yang lebih gelap karena sangat sensitif terhadap peradangan.

Cara mengurangi noda jerawat

Jangan sentuh jerawat

Jangan pernah menyentuh jerawat. Karena tangan kita penuh bakteri yang akan membuat jerawat meradang dan infeksi. Apabila infeksi maka cenderung menyebabkan trauma berlebih yang akan memperburuk keadaan, sehingga menimbulkan bekas luka.

Perlakukan kulit di sana secara lembut

Menghindari penggunaan scrub yang kasar dan produk perawatan kulit yang dapat mengiritasi kulit lebih lanjut dan untuk berhenti memencet jerawat karena akan memperburuk peradangan.

Pakai Sunscreen

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat membuat noda jerawat lebih gelap. Ini menjadi alasan untuk kamu memakai SPF 30 atau lebih tinggi setiap hari (tidak peduli jenis atau warna kulit kamu).