Kanker Lidah
Photo by Elijah O'Donnell from Pexels

Penyebab Gejala Ciri Ciri dan Obat Kanker Lidah

Kanker lidah merupakan salah satu dari beberapa penyakit kanker yang kronis, kanker ini masih termasuk pada jenis kanker mulut. Kanker terjadi disaat sel-sel di dalam tubuh seseorang bekerja, tumbuh dan berkembang jauh lebih cepat atau bekerja, tumbuh dan berkembang secara tidak normal. Begitu banyak faktor yang membangkitkan pertumbuhan kanker di area mulut tersebut.

Pertumbuhan kanker di daerah lidah membuat seseorang menjadi sangat tidak nyaman, karena lidah merupakan bagian dari mulut yang sangat sensitif artinya peka dengan rangsangan, baik itu gerakan atau benturan. Namun sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum memahami dengan baik mengenai penyakit kanker ini. Maka dari itu, silahkan simak penjelasan secara mendetail mengenai kanker yang berkembang di daerah lidah di bawah ini:

Penyebab Kanker Lidah

Beberapa kondisi dapat memicu pertumbuhan serta perkembangan yang begitu pesat di daerah mulut khususnya lidah. Baik dari hal-hal yang bersifat negatif hingga hal-hal yang bersifat medis, seperti berikut ini:

1. Penggunaan tembakau. Konsumsi rokok yang Anda lakukan setiap harinya dapat menjadi penyebab utama Anda mengidap penyakit kanker di daerah mulut. Rokok memiliki kandungan zat adiktif dan tembakau yang dapat merusak lingkungan dan menurunkan kualitas hidup seseorang.

2. Penggunaan alkohol. Sama dengan rokok, konsumsi alkohol juga dapat mengurangi usia hidup seseorang, konsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan setiap harinya dapat memicu pertumbuhan kanker di lidah, oleh karena itu, berhenti dan coba hilangkan kecanduan minum minuman beralkohol, beralihlah pada air putih.

3. Infeksi human papillomavirus

4. Genetik penderita anemia

5. Kondisi yang biasa dikenal dengan Graft Versus Host Disease

Melihat dari beberapa butir penyebab penyakit kanker di daerah lidah ini, dapat ditarik sebuah kesimpulan, jika persentase pengidap jenis kanker mulut kemungkinan lebih besar terjadi pada pria. Namun apabila anda mengalami gejala-gejala di atas jangan cepat mengambil kesimpulan sendiri dulu bahwa Anda terkena kanker lidah. Silahkan datang ke pusat pelayanan kesehatan terdekat seperti Puskesmas atau RS untuk bertemu dengan dokter, sehingga bisa di lakukan pemeriksaan. Artikel ini hanya berusaha memberikan informasi yang di sadur dari berbagai website.

Gejala Kanker Lidah

Kanker di daerah mulut, yang menyentuh permukaan lidah ini dapat diawasi gejalanya. Berikut ini beberapa gejala yang ditimbulkan dari kanker ini:

1. Sulit menelan makanan, bisa menjadi gejala utama disaat kondisi lidah sedang berbahaya atau bahkan telah terkena kanker.

2. Ada yang mengganjal di tenggorokan. Ketika Anda ingin menelan makanan, secara otomatis Anda akan merasakan adanya sesuatu yang menghalangi jalannya makanan melalui tenggorokan.

3. Sakit pada tenggorokan, memang tidak mudah mengidentifikasi apakah sakit tenggorokan yang Anda alami positif karena gejala flu atau justru positif gejala dari kanker yang menyerang lidah.

4. Tambalan di lidah akan terlihat putih atau bahkan merah

5. Merasakan mati rasa di daerah mulut

6. Pendarahan di lidah.

Ciri-Ciri Kanker Lidah

Ciri awal dari kanker ini dapat dilihat dari warna permukaan lidahnya. Kanker ini akan membuat lidah Anda tampak seperti terluka dan terdapat bercak berwaran putih atau bisa juga merah di permukaan lidah. Cirinya sekilas hampir mirip ketika Anda tengah mengalami sariawan. Periksakan kondisi diri Anda jikalau sariawan yang Anda alami tidak sembuh setelah 2 minggu berlalu. Kunjungi dokter sesegera mungkin dan tidak menyepelekan problem penyakit seperti ini semakin cepat tertangani, semakin besar kemungkinan untuk sembuh karena pengobatan kanker lidah membutuhkan waktu yang panjang.

Obat Kanker Lidah

Kanker ini dapat diobati dengan berbagai cara, perlakuan maupun penanganan pada setiap pasien hampir semuanya tidaklah sama. Jika Anda menemukan penyakit kanker ini sejak dini, pengobatan yang harus dilakukan cukup dengan melakukan operasi, bisa juga dengan melakukan kemoterapi, terapi obat, bedah rekonstruksi serta rehabilitasi. Kunjungi dokter di pusat pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai instruksi dokter yang senantiasa berusaha membantu anda.

Yang perlu di ingat juga adalah biasakan selalu untuk hidup sehat dan makan makanan yang bergizi, karena semua penyakit akan bisa di cegah apabila tubuh kita senantiasa sehat dan imunitas kita selalu tinggi. Banyak makan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C agar selalu menjaga imunitas tubuh anda.

Mengobati kanker lidah harus dilakukan secara maksimal sehingga hasilnya berakhir dengan sempurna. Lakukan check up setiap bulan atau 6 bulan sekali untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh Anda.

Baca artikel lain :